BKD Buleleng Gelar Bimtek SPIP

Suasana pelaksanaan bimtek. Foto: balinewsnetwork/Wisnaya

Singaraja/BaliNewsNetwork-Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Buleleng menggelar bimbingan teknis (Bimtek) sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) tahun 2016, Senin (29/8) pagi di Hotel Aneka Lovina Singaraja.

Bimtek yang digelar dari tanggal 29-31 Agustus 2016 dibuka  Bupati Buleleng Putu Agus Sradnyana,ST (PAS) yang dihadiri para kepala dinas, bagian, kantor dan para peserta.

Bupati PAS mengatakan, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik harus dimulai dengan memiliki SDM yang berkompeten dan profesional serta sistem dan prosedur yang telah dituangkan dalam bentuk produk hukum. Untuk itulah diperlukan SPIP agar ada keseragaman dan kesepahaman.

”Ini merupakan jaminan, demi tercapainya sasaran dan tujuan organisasi dan dapat mendeteksi lebih dini apabila terjadi penyimpangan dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah,”ucap Bupati PAS.

Lebih lanjut, Bupati PAS mengatakan, sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan penutup pasal 60 Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 2008 tentang SPIP di Lingkungan Pemerintah Daerah, diatur lebih lanjut dengan peraturan gubernur atau peraturan bupati/walikota dengan berpedoman pada peraturan pemerintah ini. Untuk itulah, Pemkab Buleleng merasa perlu melaksanakan Bimtek ini dengan harapan bisa melaksanakan tugas dengan baik.

”Kepada para peserta diharapkan dalam mengikuti bimtek ini dengan penuh tanggung jawab dan professional sehingga menjadi bekal dalam melaksanakan tugasnya,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BKD Buleleng Ni Made Rousmini,S.Sos  selaku panitia Bimtek melaporkan, peserta yang mengikuti bimtek tersebut berjumlah 50 orang, terdrri dari lintas SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bali.

”Adapun materi yang diberikan adalah lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan pengendalian intern,” ungkapnya. (ina)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment