Akhirnya Rekanan Mau Bongkar Aspal Hotmix Sendiri

Rekanan mengupas aspal hotmix di  jalan antara kampus Unsam menuju IAIN Cot Kala Langsa. Foto: balinewsnetwork/ist.

Aceh/BaliNewsNetwork-Setelah mendapat tudingan dan tekanan dari berbagai pihak akibat pengaspalan jalan hotmix yang dikerjakan asal-asalan oleh   CV Tungkop Cut Jaya antara kampus Unsam – IAIN Cot Kala Langsa, akhirnya rekanan bersedia mengupas kembali aspal hotmix di badan jalan tersebut, Rabu (24/8).

Pengaspalan jalan hotmix itu baru selesai  beberapa pekan lalu tetapi sangat mengecewakan. Betapa tidak, selain bergelombang dan kasar, terlihat berpori dan tidak padat. Di beberapa bagian aspal hotmix itu gembur dan apabila dilalui aspal tersebut terurai.

Kondisi jalan aspal hotmix itulah  mengundang kecaman keras dari sejumlah elemen dan tokoh masyarakat Kota Langsa terhadap pembangunan aspal jalan antara kampus Unsam – IAIN Cot Kala Langsa Tahap II di Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa.

Yanto, SH, salah seorang warga setempat, Rabu (24/8), mengatakan, kendati dirinya tidak faham betul dengan kontruksi pengaspalan jalan namun melihat realisasi hasil kerjaan itu dirinya mengaku sangat kecewa.

Menurutnya, pekerjaan proyek tersebut sangat tidak wajar dan terkesan asal jadi.

“Di beberapa bagian terlihat aspal hotmix gembur sehingga wajar rekanan membongkar kembali aspal di badan jalan itu untuk dikerjakan kembali,” sebutnya.

Sebuah sumber di  Dinas PU Daerah Bidang Bina Marga dan PPTK (Pejabat Pelaksana Tehnis) yang tidak bersedia disebutkan namanya, via telepon seluler, Rabu (24/8) petang, mengakui, buruknya kualitas pekerjaan proyek tersebut. Antara lain diperkirakan disebabkan juga material aspal hotmix yang digunakan kualitasnya kurang bagus.

“Dampaknya aspal hotmix di badan jalan tersebut mudah hancur saat dilintasi kendaraan. Di beberapa titik terlihat  bergelombang. Oleh karena itu, kami meminta rekanan untuk mengupas aspal dan anjuran ini sudah mulai dikerjakan rekanan,” jelasnya.

Sementara pekerjaan proyek pembangunan jalan antara Kampus Unsam – IAIN Cot Kala Tahap II, bersumber dana dari Otsus yang di kerjakan oleh CV Tungkop Cut Jaya, dengan nilai kontrak Rp. 1.045.923.000 berlokasi di Kecamatan Langsa Lama, No.Kontrak. 02.a/SPK/620/OTSUS-PML/BM/2016, tgl. kontrak 12 April 2016 dan selesai 9 September 2016. (IP/Edi)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment