Siswi Asal Flores Timur  Ikut Jambore Sanitasi Tingkat Nasional

Priska Lolita Prada Ruron dan guru pembimbingnya Maksimus Masan Kian. Foto: balinewsnetwork/ist.

Kupang/Balinewsnetwork-Prestasi Priska Lolita Prada Ruron, siswi asal Kabupaten Flores Timur (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini pantas diacungi jempol. Setelah berhasil masuk ketegori tiga besar dalam pelombaan menulis tentang sanitasi tingkat provinsi, siswi kelas VIII SMPN 1 Lewolema, Desa Painapang, Kabupaten Flotim,  NTT ini siap menjadi utusan  NTT mengikuti Jambore Sanitasi tingkat nasional di Jakarta yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat  dan Kementerian Pendidikan Nasional pada 3-9 Agustus 2016.

Guru pendamping Priska, Maksimus Masan Kian kepada wartawan, Selasa (2/8/2016) mengatakan, saat ini Priska bersama dua siswa lainnya, yakni Helena Miranda siswi asal SMP Arnoldus Labuan Bajo dan Rizky Afriani asal SMPN I Waibakul, Sumba Tengah kini sedang mengikuti proses karantina di Kupang.

Sementara tiga siswa lain dengan karya poster sanitasi terbaik, lanjut Maksi, akan mengikuti jambore tingkat nasional, yakni Armalinda B. Tari Maya dari SMPN 2 Waingapu, Charmelita M. Ino dari SMP Katolik Don Bosko Atambua dan Diana Putri Kaka dari SMPK Frater Maumere.

Menurut Maksi-apnggilan Maksimus Masan kian, Priska merupakan siswa cerdas di sekolah dan aktif di kegiatan jurnalistik yang digelar Agupena Flotim.

“Anaknya aktif dan cerdas dia suka belajar hal yang baru. Kebiasaan menulisnya  mulai sejak kelas 3 SD dan semua tulisannya dapat kita temukan pada buku agenda hariannya,” papar Maksi.

Sementara itu, Kepala Dinas PPO Flotim, Bernadus Beda Keda mengaku kagum dan bangga atas prestasi yang diraih Priska.  Menurut dia, Priska telah memberi inspirasi bagi seluruh anak-anak usia sekolah di NTT.

“Ini suatu kebanggaan luar biasa dan jadi panutan anak-anak sekolah. Saya bangga, walau dalam keterbatasan di kampung namun Priska mampu mengukir prestasi di tingkat nasional,” ujarnya. (amar ola keda)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment