Golkar Usung Valens Tukan, Tanpa Wakil

Valentinus sama Tukan. Foto: Balinewsnetwork/rahman sabon nama.

Larantukan/Balinewsnetwork-Pertarungan politik memperebutkan suara partai pengusung menuju Pilkada Flores Timur (Flotim) tahun 2017 kian sengit. Incumbent bupati, Yoseph Lagadoni (Yoseni) Herin dan incumbent wakil bupati Valentinus (Valens) Sama Tukan serta Ketua DPRD Flotim Nani Bethan  maupun Ketua DPC PDIP Flotim  Anton Gege Hadjon masih terus bergerilya.

Lantas siapakah calon wakil yang bakal mendampingi Valens Tukan untuk maju dalam pertarungan politik 2017 mendatang? Dan partai manakah yang akan jatuh cinta dengan Golkar ?

Bergerak dari “markas” parpol di Flotim, terbetiklah informasi bahwa Ketua DPD II Golkar Flotim Yoseph Sani Betan dan pasukannya kian gencar merebut hati Demokrat, PKP Indonesia PPP dan PAN. Untuk Demokrat (3 kursi) sepertinya obrolan politis yang dilakukan Nani Betan tersebut kandas lantaran Ketua DPC Demokrat Theodorus Wungubelen tak luluh hatinya menjadi calon wakil untuk mendampingi Valens Tukan.

Secara partai paket Demokrat jelas mengusung sang ketuanya Theodorus Wungubelen dan Willem Wua Open sebagai balon wabup.

Kenyataan yang sama pula terjadi dalam percakapan dengan PKB yang telah bulat mengusung Anton Doni Dihen sebagai balon bupati. Kebulatan tekad Anton Doni tersebut  membuat langkah Nani dan Valens Tukan sulit mendapatkan PKB yang memiliki tiga kursi itu.

Bersediakah PAN, si pemilik satu kursi itu untuk menggenapkan koalisi Golkar? Komunikasi yang kurang sedap belakangan dengan elite PAN Flotim dikabarkan semakin sulit bagi PAN untuk memberi hatinya dipersunting Valens Tukan dan Golkar.

Akankah Hanura dan PKP Indonesia berhasil takluk dalam dekapan Golkar? Dua partai pemilik dua kursi tersebut pun sepertinya akan menjauh dari rebutan Golkar dan Valens lantaran hadirnya dua figur baru nan potensial, yakni Lukman Riberu dan Cornelis Carvallo.

Lukman yang semakin mantap di NasDem itu dikabarkan telah intens bergayutan  dengan Mikhael Honi Kolin, Ketua PKP Indonesia Kabupaten Flotim itu. Sedangkan Hanura yang telah menyatukan  Ketuanya Maria Gorety Tokan  sebagai balon wabup mendampingi Cornelis Carvallo, bila tidak mendapat restu DPP NasDem maka akan bersatu dengan PDIP atau Yosni Herin.

Walau demikian, bukan namanya Nani Betan bila tidak berhasil memboyong parpol lain untuk bersatu bersama Golkar. Bagi Nani Bethan, semuanya akan indah pada waktunya. (emnir)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment