Tim Nusantara Sehat Siap Menderita di Solor Selatan

Dr. Yosep Useng Aman bersama tenaga Nusantara Sehat di Puskesmas Solor Selatan. Foto: bnn/Emnir

Solor/bnn.com-Lima tenaga medis yang tergabung dalam program Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,pada Senin (6/6) diserahkan oleh Tim Balitbang Kementerian RI sekaligus Pendamping Nusantara Sehat Kemenkes RI, Kristina kepada Pemda Flores Timur (Flotim) dan langsung diserahkan kepada Kepala Puskesmas Kalike, Solor Selatan, Rita Fernandes.

Kelima tenaga medis Nusantara Sehat (NS) tersebut masing-masing drg. Christian Lubis (Jogja-dokter gigi), Nida Addinia (Jogja-Bidan), Lucia Indah Safitri (Tangerang-Gisi), Aswaraji (Sulawesi Tenggara-Kesehatan Masyarakat) dan Dewi Roswita Woga (Kupang-Nurse).

Pendamping NS Kemenkes RI ,Kristina di acara penyerahan tersebut menjelaskan, penyerahan tim medis NS itu di Puskesmas Kalike,  Solor Selatan lantaran Puskesmas yang sedang dipimpin Rita Fernandes memenuhi sejumlah kriteria. Puskesmas Kalike merupakan satu-satunya puskesmas di Flores Timur dan 30 puskesmas di Indonesia yang mendapat aliran tenaga medis ini.

“Kepada teman-teman NS, saya hari ini menyerahkan kalian kepada Kepala Puskesmas Kalike. Selamat mengabdi. Gunakanlah ilmu dan bekal latihan kalian di Jakarta kemarin untuk melayani masyarakat di sini. Tugas kalian adalah mengikuti perintah Kapusk. Oleh karena itu kepada Kapusk saya minta berilah mereka tugas dan pekerjaan itu sesuai keahlian mereka,” pinta Kristian sembari tersenyum.

Camat Solor Selatan,Yosep Damian Klodor, S.Sos tak henti-hentinya mengucapkan terima kasihnya kepada pihak Kementerian Kesehatan RI, Pemprov NTT dan Pemda Flotim yang telah memberikan perhatian kepada pelayanan kesehatan di wilayah kecamatan Solor Selatan. Saking senangnya itu, Camat Yos Damian langsung menghadiahi mereka rumah tinggal.
“Kami orang Solor Selatan baik-baik semua. Selamat datang dan selamat bertugas. Selamat menikamti kondisi Solor Selatan ini.” ucap Camat Yosep.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur  dr. Yosep Useng Aman merasa sangat terharu dengan kehadiran tim medis NS tersebut. Akhirnya Puskesmas Kalike yang berdiri sejak tahun 2011 itu memiliki dua tenaga dokter, satu dokter umum dan seorang dokter gigi dari tim NS ini.

“Ya inilah perjuangan kita bersama dalam memajukan kesehatan di daerah ini. Kepada teman-teman NS, nikmatilah lingkungan kerja dengan senang, nikmatilah semuannya dengan happy.” tandasnya.

Dewi Moga, salah seorang tim medis NS yang dikonfirmasi di sela-sela kegiatan tersebut berkomitmen untuk siap memderita di Solor, khususnya di lingkup kerjanya.

“Saya dan teman-teman sudah dilatih dan diberi bekal tentang daerah ini di Jakarta. Kami siap beradaptasi dengan lingkungan kerja dan siap menikmati apapun kekurangan di wilayah ini. Oleh karena itulah kami diutus ke sini untuk bekerja,” tegas Dewi, darah campuran Maumere -Kupang itu.  (emnir)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment