Desa Adat Tumbu dan Desa Adat Ujung Hyang Sepakati Tapal Batas

Ketua MADP Karangasem I Nyoman Winata. Foto: bnn.com/tar

Amlapura/bnn.com-Persoalan tapal batas batas Desat Adat Tumbu dan desa Adat Ujung Hyang sejak tahuin 2008 akhirnya selesai. Kedua pihak akhirnya mencapai kesepakatan soal tapal batas kedua desa  dalam pertemuan di kantor Camat Karangasem yang dimediasi oleh Majelis Alit Desa Pakraman (MADP) Karangasem, Selasa (07/06/2016).

Hadir dalam pertemuan selain MADP Karangasem, Desa Pakraman Ujung Hyang dipimpin Bendesa I Gusti Bagus Suteja dan Desa Pakraman Tumbu dipimpin Bendesa I Nyoman Jelada,  Camat Karangasem Nengah Danu dan Kapolsek Karangasem Anwar Sasmito.

Usai pertemuan itu, Ketua MADP Karangasem Nyoman Winata kepada wartawan mengatakan, kedua pihak telah mematuhi saran MADP untuk  menyudahi persoalan tapal batas yang tertuang dalam berita acara kesepakatan bersama dan ditandatangani kedua pihak dan MADP serta Camat Karangasem serta kapolsek Karangasem.

“Selajutnya kedua pihak wajib menyampaikan hasil kesepakatan ini kepada warganya masing-masing,” kata Nyoman Winata.

Dalam berita acara kesepakan bersama itu menyebutkan, peletakan tapal batas yang baru dari kedua desa, disepakati disebelah selatan Pura Dalem Desa Pakraman Tumbu. Tepatnya, di sebelah selatan rumah I Wayan Putu, di lorong atau gang kecil menuju ke barat yang tembus ke perbatasan kedua desa di sebelah barat desa.

Mengenai  biaya yang ditimbulkan atas pembongkaran dan pendirian kembali tapal batas yang baru nanti, menjadi tanggung jawab kedua desa pakraman.

“Jika dalam waktu enam bulan tidak ada protes dari Desa Adat Tumbuh mupun Desa Adat Ujung Hyang, maka tapa batas desa yang baru itu sah secara hukum,” tegas Nyoman Winata.

Menurut Nyoman Winata, sengketa tapa batas kedua desa adat ini berawal dari  posisi  Pura Dalem Desa Pakraman Tumbu yang agak masuk ke dalam ke wilayah Desa Pakraman Ujung Hyang. Nah dalam mediasi,  disepakati  Desa Pakraman Ujung Hyang bersedia menggeser  tapal batasnya  sedikit ke selatan. Dengan demikian posisi  Pura Dalem Desa Pakraman Tumbu tidak lagi masuk wilayah Desa Pakraman Ujung Hyang.  (tar)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment