Kementerian Pariwisata Apresiasi Ulun Danu Beratan Culture and  Art   Festival III

Staf Ahli Ekonomi dan Kawasan Pariwisata, Kementerian Pariwisata RI Husien Alydrus  membuka Ulun Danu  Art and Culture Festival. Foto: bnn.com/ram.

Tabanan/bnn.com-Kementerian Pariwisata RI mengapresiUlun Danu  Art and Culture Festivalasi even Ulun Danu  Art and Culture Festival yang dibuka secara resmi, Minggu (5/6).  Pernyataan itu diungkapkan oleh Staf Ahli Ekonomi dan Kawasan Pariwisata, Kementerian Pariwisata RI Husien Alydrus saat membuka even dua tahunan tersebut.

Dikatakannya, penyelenggaraan even seperti ini  harus dipertahankan karena mampu mengangkat pariwisata baik dalam kancah domestik maupun internasional.

“Kementerian pariwisata tetap mendukung bagi daerah yang komitmen menggelar even seperti ini,” jelasnya.

Husein menambahkan manfaat yang dirasakan dengan digelarnya cuture and art festival sangatlah besar. Selain bermanfaat bagi pendidikan, lingkungan, pelestarian budaya, ajang promosi pariwisata, juga bermanfaat sebagai upaya untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat.

“Even ini juga sebagai salah satu upaya pencapaian target kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara tahun 2016 ini,” tegasnya.

Sedangkan target perjalanan pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 260 juta orang.  Dengan target devisa sebesar RP 172 , 8 triliun, Dan  jumlah tenaga kerja yang terserap sebanyak  11,7 Juta.

Ditambahkanya,  posisi wisatawan asing yang masuk melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga bulan April 2016 berjumlah 1.446.363 jumlah, ini meningkat 17,19 persen dibulan yang sama tahun 2015.

“Potensi pariwisata perlu dikelola bertanggungjawab, berkelanjutan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Dewasa ini pertumbuhan pariwisata berkembang cepat dan even sepeti ini sangat diperlukan untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada. Pun diperlukan inovasi serta penguasaan paket-paket wisata dan penetrasi pasar.

Baleganjur memeriahkan pembukaan Ulun Danu Culture and Art Festival

Baleganjur memeriahkan pembukaan Ulun Danu Culture and Art Festival. Foto:Balinewsnetwork.com/ram.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang telah mendukung Ulun Danu Culture and Art Festival.

Dijelaskanya, Tabanan memiliki warisan leluhur yang sangat luar biasa menjadi tujuan wisata nasaional dan internasional dan  danau ini tercantik di seluruh dunia.  Danau Beratan merupakan kawasan suci dan sejuk yang perlu dijaga bersama.

“Even ini bertujuan untuk membangun budaya dan keberagaman, dan ke depan kami juga akan menggelar okokan festival, layang festival. Dan kami ucapakan terimakasih kepada kementerian yang telah bersedia membantu sehingga terselenggaranya even ini,” tandansya.

Manajer Daya Tarik Wisata Ulun Danu Beratan Bedugul I Waya Mustika menjelaskan, Ulun Danu Culture and Art Festival terselenggara atas bantuan semua pihak.  Kementerian Pariwisata, Pemkab Tabanan dan tentunya pengempon pesatakan Ulun Danu Beratan.

“Kegiatan ini  sebagai ajang melestarikan warisan budaya  daerah  yang merupakan sumber aspirasi  guna  mempromosikan  Ulun Danu ke ajang nasional dan internasional,” tandasnya.

Festival akan berlangsung selama tiga bulan setiap hari Sabtu dan Minggu dipentasakan berbagai seni dan budaya.

Selain dihadiri Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, anggota DPRD Bali I Ketut Nugrahita Pendit, Kadis Pariwisata Provinsi Bali, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi, anggota DPRD Tabanan I Nyoman Suta,  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dan Bupati Karang Asem I Gusti Ayu  Mas Sumantri. (ram)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment