SMK TI Bali Global Karangasem Sukseskan TIK-Kar Competition I Tahun 2016

Penyerahan piala bergilir Bupati Karangasem kepada Juara Umum TIK-Kar Competition I.

Amlapura/BNN- SMK TI Bali Global Karangasem kembali mencuri perhatian masyarakat dengan menggelar Kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Karangasem yang pertama (TIK-Kar Competition I) tepatnya pada tanggal 24 April 2016 lalu. Dibuka secara resmi oleh I Wayan Artha Dipa, SH., MH. selaku Wakil Bupati Karangasem. TIK-Kar Competition ini merupakan kompetisi di bidang TIK bagi siswa SMP se-Kabupaten Karangasem yang memperebutkan piala bergilir Bupati Karangasem. Kegiatan yang merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program 100 hari Bupati ini, didukung penuh oleh Bupati Karangasem, Disdikpora, Diskominfo Kabupaten Karangasem dan bekerjasama dengan Relawan TIK dari Politeknik Negeri Bali. Disponsori pula oleh beberapa perusahaan maupun instansi lain diantaranya Vilya Computer, Alika Printing, Hardy’s Karangasem, PT Pertamina Balinusra, dan Bank BPD Bali.

TIK-Kar Competition I mengangkat tema “Meningkatkan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Melahirkan Generasi Muda Karangasem yang Cerdas, Berintegritas, dan Kompetitif”. Yang mana tujuannya untuk menggali serta mengasah minat dan bakat siswa/i SMP Se- Kabupaten Karangasem dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan harapan generasi selanjutnya di Kabupaten Karangasem tidak akan mengenal lagi istilah “GAPTEK” alias Gagap Teknologi. Jenis perlombaan yang dilaksanakan antara lain lomba Ms. Office Word 2007, Ms. Office Power Point 2007, Komputerisasi Aksara Bali, Karikatur, dan Poster. Pihak SMP terkesan sangat antusias dalam berpartisipasi pada kegiatan ini, terlihat dari jumlah peserta yang terdiri dari 70 siswa SMP yang berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Karangasem. Sebagai bentuk penghargaan terhadap peserta lomba, SMK TI Bali Global Karangasem memberikan voucher pendidikan bagi seluruh siswa SMP yang mendaftar sebagai peserta lomba.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, SH., MH. menyampaikan agar kegiatan ini  mampu meningkatkan minat siswa dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Mengingat masih banyak warga di Kabupaten Karangasem yang buta aksara serta tidak mampu menyelesaikan wajib belajar 12 tahun. “Saya berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini mampu memotivasi siswa untuk lebih bersemangat lagi dalam menempuh pendidikan setinggi-tingginya,” ungkapnya.

Kepala SMK TI Bali Global Karangasem, Made Agus Suryadarma Prihantana, S.Pd., M.Pd. menegaskan atas ijin dari Bupati Karangasem TIK-Kar Competition akan dilaksanakan setiap satu tahun sekali guna mencari bibit generasi muda yang berminat di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak baik secara moril ataupun materil sehingga kegiatan dapat terselenggara dengan baik. Selamat bagi para juara, semoga kemampuan yang dimiliki dapat terus ditingkatkan dan harapannya dikompetisi mendatang lebih semarak lagi” paparnya.

Dalam perebutan piala bergilir Bupati Karangasem, seluruh peserta dari berbagai SMP di Kabupaten Karangasem berkompetisi untuk memperoleh juara terbanyak dari seluruh perlombaan. Pada TIK-Kar I ini, SMP Negeri 1 Manggis tampil sebagai Juara Umum dan memboyong Piala Bergilir Bupati Karangasem. SMP Negeri 1 Manggis mampu merebut 5 juara yaitu Juara I Lomba Ms. Office Word 2007, Juara II dan III Lomba Ms. Office Power Point 2007, Juara I dan II Lomba Komputerisasi Aksara Bali.

Penyerahan piala dilaksanakan di kantor Pemda Kabupaten Karangasem yang diserahkan langsung oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumantri, S.Sos., MAP., Rabu (27/4). Dalam sambutannya, Bupati Karangasem memberikan tanggapan positif dan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Ia juga menghimbau agar kompetisi sejenis tidak berhenti sampai disini saja, namun dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Sebagai salah satu sekolah yang bergelut di bidang teknologi informasi, SMK TI Bali Global Karangasem merasa bangga dan bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini dengan sukses dan lancar. Harapan kami, TIK-Kar Competition I dapat menghasilkan generasi yang cerdas, berintegritas dan kompetitif dan dapat memberikan manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat serta pelaksanaan TIK-Kar Competition II selanjutnya dapat terselenggara dengan lebih maksimal lagi. (*)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment