Geger, Bayi Laki-laki Masih Dililit Tali Pusat Dibuang di  Pasar

Bayi laki-laki yang dibuang di areal pasar Jagaraga, Kecamatan Sawan, Buleleng. Foto: bnn.com/ina

Singaraja/bnn.com-Tega nian ibu yang membuang bayinya ini. Seorang bayi laki-laki diperkirakan baru dilahirkan, ditemukan di areal pasar desa Jagaraga, kecamatan Sawan, Buleleng, Jumat (03/06/2016) sekitar pukul 05.50.

Adalah Ni Nyoman Somarini (55) yang kali pertama mnemukan bayi malang ini. Saat itu, pedagang pasar asal banjar Celuk, desa Jagaraga ini mendengar suara tangisan bayi dari sebuah mobil pick up dengan nomor polisi DK 4971 UX yang terparkir di areal pasar.

Setelah mendekat, Somarini kaget setengah mati. Seorang bayi laki-laki lengkap dengan tali pusar yang masih melilit tubuhnya, dibungkus dengan sarung kemudian ditutupi terpal. Somarini kemudian melaporkan temuannya kepada Nyoman Somanasa (40) yang kemudian melaporkan kepada ketua pecalang setempat, Ketut Wisnu. Suasana pasar di pagi buta itu geger. Kemudian bayi malang itu dibawa ke bidan desa Menyali untuk mendapatkan perawatan medis.

Diketahui bayi dalam keadaan sehat, panjang 42 cm dan berat badan 2,4 kilogram dengan membawa tali pusar sepanjang 39 cm. Selanjutnya dilaporkan ke Polsek Sawan.
Ketika dikonfirmasi siang harinya, Kapolsek Sawan AKP I Nyoman Mustiada membenarkan penemuan bayi tersebut dan sudah diserahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.

”Memang benar ada penemuan bayi dan kini bayi dalam keadaan sehat. Bayinya sudah kami serahkan ke Dinas Sosial. Untuk orang tua bayi, kami masih melakukan penyelidikan,” jelas Mustiada.

Di tempat terpisah, Kadis Sosial Kabupaten Buleleng Gede Komang membenarkan pihaknya sudah menerima bayi malang tersebut dari kepolisian Sawan. Nantinya Dinas Sosial akan menitipkan bayi tersebut ke salah satu panti asuhan yang ada di kabupaten Buleleng.

”Selama bayi itu berada di Dinas Sosial dan tidak ada yang mengakui, ya tentu saja bayi itu nantinya menjadi milik negara,” kata Gede Komang. (ina)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author