Kali Pertama, Karangasem Wajar Tanpa Pengecualian

Bupati IGA Mas Sumatri menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK Provinsi Bali.

Karangasem/Balinewsnetwork.com-Menjelang ulang tahun kota Amlapura ke-376, dua penghargaan bergengsi diraih Pemerintah Kabupaten Karangasem di tangan duet Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri dan Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa.
Penghargaan pertama diterima dari Badan Pemeriksa Keuangan Kantor (BPK) Perwakilan Bali tentang laporan hasil pemeriksaan (LHP) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2015 dengan mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Sebelumnya empat tahun berturut-turut opini yang diterima Karangasem adalah wajar dengan pengecualian (WDP), jadi WTP ini adalah kali pertama kita terima,” kata Bupati Mas Sumatri usai menerima penghargaan tersebut bersama Ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Nengah Sumardi dari Kepala BPK Perwakilan Bali Dori Santoso, di kantor BPK Bali, Renon, Denpasar, Rabu (2/06/2016).

Penghargaan kedua yang diterima Pemkab Karangasem adalah menempati peringkat empat terbaik nasional mengenai pendataan ulang pegawai negeri sipil secara elektronik atau e-PUPNS.

“Dari total sekitar 412 kabupaten/kota se-Indonesia, Karangasem peringkat empat terbaik yang telah melaksanakan e-PUPNS. Kalau di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, dari total 44 kabupaten/kota, Karangasem menempati peringkat pertama,” terang Mas Sumatri usai menerima penghargaan e-PUPNS dari Kepala Kantor Regional X Bali – Nusa Tenggara yang diwakili Kabag Tata Usaha Kanreg X BKN Denpasar.

Mas Sumatri menjelaskan, penghargaan ini diberikan kepada Karangasem karena paling banyak dan tepat waktu dalam mengisi e-PUPNS hingga Desember 2015. Begitu juga dalam verifikasi hingga level II per Maret 2016, Karangasem dinyatakan terbanyak dan memiliki kualitas data terbaik dengan tingkat kesalahan paling kecil dari seluruh kabupaten/kota se Bali – Nusa Tenggara.

Selain dua penghargaan tersebut, sebuah prestasi lain diukir oleh RSUD Karangasem, yang baru saja dinyatakan lulus akreditasi paripurna. “Selain prestasi Opini WTP dan peringkat empat terbaik e-PUPNS, saya baru saja menerima laporan Direktur Rumah Sakit bahwa RSUD Karangasem lulus tingkat Akreditasi Paripurna,” kata Mas Sumatri.

Ini menujukkan, lanjutnya, keberhasilan program unggulan pemerintah, baik dari sisi pendidikan, pelayanana kesehatan, maupun ketrampilan yang kita miliki. Begitu juga soal tata kelola pemerintahan, kita sudah membuktikan kinerja terbaik sehingga mendapat apresiasi. (tar)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment