Di Grokgak, Tentara Bangun Jalan 1,1 Km

Asih Trisno Atmoko memeriksa pasukan sebelum menutup TMMD ke-96 di Grokgak, Buleleng.

Singaraja-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke96 yang dipusatkan di dusun Pucak Sari, desa Gerokgak, kecamatan Gerokgak, Buleleng, dilaksanakan oleh TNI Kodim 1609/Buleleng sudah tuntas hingga 100 persen. TNI bersama warga sekitar telah membangun jalan sepanjang 1.113 meter. Penutupan yang dilakukan Rabu (1/6) di kawasan bendungan Gerokgak ini ditandai dengan apel dan pemukulan kul-kul oleh Asih Trisno Atmoko  (Pa Lo AL Kodam IX/Udayana) selaku Inspektur Upacara.

Dalam kesempatan itu hadir pula Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng dan warga sekitar.

Dusun Puncak Sari dipilih sebagai lokasi TMMD ke 96 karena fasilitas jalan yang kurang representatif. Kondisi  yang memprihatinkan tersebut menggugah semangat TNI dalam program TMMD untuk melaksanakan pembangunan fisik jalan.

Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf. Budi Prasetyo melaporkan, kegiatan yang sudah berlangsung selama 30 hari ini berhasil membangun akses jalan bagi warga di Dusun Puncak Sari sepanjang 1.113 Meter dengan lebar 4 – 5 meter. Selain pengerjaan badan jalan, juga diikuti pembuatan gorong-gorong dengan tinggi 1,5 meter, lebar 1,5 meter dan panjang 4-5 meter. Pengerjaan yang dilakukan oleh TNI bersama masyarakat setempat juga termasuk tembok penahan tanah, senderan, jalan rabat beton dan bedah rumah.

”TMMD kali ini sudah berhasil membuka akses jalan untuk desa yang terisolir. Dana yang digunakan merupakan dana dari APBD Kabupaten Buleleng,” jelas budi Prasetyo.

Sementara Wabup Sutjidra sangat mengapresiasi hasil kerja dari TNI. Ia mengungkapkan,  TMMD kali ini yang paling berhasil karena sudah membuka akses jalan untuk desa yang terisolir. ”Saya sangat bangga melihat hasil kerja dari para TNI dan warga. Setelah jalan ini ada warga jadi lebih mudah untuk menjual hasil kebunnya sehingga arus perekonomian di desa tersebut menjadi lancar,” sebut Sitjidra.

”Tahun depan kita akan sasar di kecamatan Seririt yaitu pembuatan akses jalan penghubung dari desa  Joanyar ke desa Mayong,” imbuhnya. (ina)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment